Bantuan Sembako untuk Warga Senior dari kitabisa.com dan Lazismu

Tak kunjung surut wabah Covid-19 membuat para lansia di Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan bantuan berupa paket sembako. Bantuan sembako berasal dari donatur kitabisa.com yang bekerjasama dengan Lazismu Pusat dalam hal pendistribusiannya. Bantuan ini tersebar di Jakarta, Yogyakarta dan Probolinggo, Jawa Timur. Paket sembako ini diberikan kepada Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan di Yogyakarta disalurkan oleh Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY (MPS PWM DIY) kepada para penerima manfaat.

Di Yogyakarta, paket tersebut dibagikan kepada warga lansia yang berada di 5 titik PCM pilot project Muhammadiyah Senior Care, yaitu di PCM Dekso Kalibawang, PCM Mlati, PCM Ponjong, PCM Sanden dan PCM Mantrijeron. Lansia yang mendapatkan bantuan sembako ini merupakan warga lansia dengan kreteria non pensiunan ASN/POLRI/TNI, bukan penerima PKH dari pemerintah. Pada hari Sabtu, 25 Juli 2020 telah berlangsung pendistribusian bantuan sembako untuk lansia di PCM Mlati, PCM Sleman dan PCM Ponjong, kemudian pada hari Ahad, 26 Juli 2020 dilanjutkan pendistribusian di PCM Kalibawang Kabupaten Kulonprogo, PCM Sanden kabupaten Bantul dan PCM Mantrijeron di kota Yogyakarta.

Para lansia yang mayoritas adalah petani, buruh dan tidak bekerja ini mengaku sangat terbantu dan berterima kasih dengan adanya pembagian bantuan sembako kepada mereka. “Biasanya untuk makan atau untuk memenuhi kebutuhan hidup dibantu oleh anak-anak saya yang ada di Solo dan Sukoharjo. Tapi, karena situasi seperti ini saya tidak bisa bertemu anak-anak dan mereka juga sedang kerepotan keuangannya. Alhamdulillah berkat bantuan ini saya jadi terbantu” kata Ibu Rebi ketika ditemui, Ahad (26/7/2020) sore kemarin.

M Rifa’at Adiakarti, M.A Ketua Muhammadiyah Senior Care D.I. Yogyakarta yang sekaligus anggota MPS PWM DIY mengungkapkan bahwa bantuan ini selain untuk membantu lansia di masa pandemi juga sebagai bukti bahwa masyarakat dan Muhammadiyah hadir untuk membantu ummat. “Masyarakat dan Muhammadiyah akan selalu ada untuk ummat dan bantuan ini sebagai salah satu perwujudan dakwah sosial yang dilakukan oleh Masyarakat melalui donasi kitabisa.com serta mempercayakan kepada Muhammadiyah dalam hal pendistribusiannya, oleh karenanya semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan berkah bagi penerimanya” pungkas beliau.

Tidak hanya itu saja, ucapan terima kasih dan harapan juga disampikan oleh Ketua Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I Yogyakarta Bapak Ridwan Furqoni, M.P.I “Terima kasih kita ucapkan kepada kitabisa.com dan lazismu pimpinan pusat Muhammadiyah yang telah mempercayakan penyaluran sembako untuk program Muhammadiyah Senior Care melalui Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah D.I. Yogyakarta. Mudah-mudahan program kerjasama ini bisa dilanjutkan di waktu-waktu kedepan dengan lebih variatif selain program layanan, harapan kami juga ada program yang bersifat pemberdayaan kepada para lansia yang masih produktif. Sekali lagi terima kasih dan semoga lazismu PP dan kitabisa.com semakin maju”. (YV)

Comments

comments