Dua Anak Asuh PAM Nanggulan Mengikuti PKMTM II IPM Kulonprogo

Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Kulonprogo menggelar Pelatihan Kader Muda Taruna Melati II (PKMTM II) di SMK Muhammadiyah 2 Wates pada tanggal 16-19 Desember 2017. Diikuti oleh 39 peserta, Dua diantaranya merupakan anak didikan Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) Nanggulan. Mereka adalah Fuad Al Azimi (Kelas 12 SMA) dan Anas Khairul Imam (Kelas 9 SMP).

Ibu Fatimah selaku pengasuh PAM Nanggulan saat diwawancarai mengatakan,“Kami turut senang dengan Ikutnya Fuad dan Anas mengikuti PKMTM II yang diadakan PD IPM Kulonprogo. Hal tersebut merupakan realisasi pengasuhan yang memberikan ruang pada anak untuk tumbuh dan berkembang secara wajar dalam optimalisasi peran sosialnya. Juga sejalan dengan salah satu visi PAM Nanggulan dalam pengasuhan yakni mampu membentuk manusia karya yang madani.”

Adanya IPM di panti merupakan upaya untuk mewadahi pembinaan anak asuh pasca terminasi pemutusan layanan anak-anak yang sudah di nyatakan lolos dari permasalahan sosialnya. “Perlu diketahui , di PAM Nanggulan telah didirikan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah tingkat Ranting karena kami menyadari betapa pentingnya suatu wadah organisasi bagi anak asuh,” tambah Bu Fatimah.

“Saya juga sangat bersyukur karena salah satu indikator penerapan Standar Nasioanl Pengasuhan Anak (SNPA) yang di canangkan pemerintah telah tercapai. Saya menyerukan PAM lainnya untuk melakukan hal serupa, agar PAM bisa saling berfastabiqul khairat di tingkat pendidikan Amal Usaha Muhammadiyah melalui pengasuhan alternatif sesuai dengan SNPA,” tutup Bu Fatimah. (Evan)

Post Lainnya

Penandatanganan Kerjasama JAMKESA MPS PWM DIY-‎
KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping ‎

Yogyakarta, (20/11/2020) siang, berlangsung penandatanganan kerjasama Jaminan Kesehatan Anak ‎Asuh dan Pengasuh ‎(JAMKESA) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-D.I. ‎Yogyakarta antara Majelis Pelayanan Sosial PWM