Difabilitas

Lazismu Sedayu Gandeng Dosen UMY Berdayakan Difabel

Lazismu Sedayu kembali menggandeng para Dosen UMY dalam program pemberdayaan  masyarakat di wilayah Sedayu. Melalui skema pengabdian masyarakat kali ini bersama Dr. Arni Surwanti, M.Si dan Ir Eni Istiyanti, M.P mengadakan program Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Disabilitas Desa (KDD) Argodadi melalui Agribisnis Jamur Tiram.  Rangkaian  kegiatan telah disiapkan untuk para difabel mulai dari kegiatan  motovasi, pelatihan dan pendampingan. Salah satu kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari ini Rabu, 31 Maret 2021 bertempat di Griya Jamur Klangon Argosari Sedayu Bantul.

Kegiatan ini akan diikuti 20 peserta dari kelompok difabel dan keluarga difabel yang berasal dari Argodadi dan perwakilan 3 desa lainnya diwilayah Sedayu. Selain itu kegiatan ini juga melibatkan para relawan dari Mahasiswa UMY dan Relawan dari Majlis Pelayanan Sosial PWM DIY. Pada kegiatan pelatihan ini akan dipelajari tentang bagaimana budidaya jamur tiram mulai dari pembuatan baglog, pemberian bibit, perawatan, cara memanen hingga beberapa alternatif olahan jamur tiram. Pelatihan ini sengaja dilaksanakan disalah satu tempat  produksi jamur di Sedayu agar peserta tidak saja mendapatkan teori namun bisa praktek langsung sembari melihat-lihat proses produksi jamur yang sedang berjalan di griya jamur.       

Harapannya melalui kegiatan ini kelompok difabel di Sedayu memiliki kemauan dan kemampuan  serta  ketrampilan  dalam  budidaya  jamur  tiram  sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para difabel. Selain menjalin kerjasama dengan para dosen dan mahasiswa Lazismu Sedayu juga menjadi mitra Majlis Pelayanan Sosial PWM DIY dalam memberikan layanan difabel dimana saat ini sedang fokus pada 3 haluntuk para difabel yakni 1) Pendampingan (motivasi, bimbingan; spiritual, fisik dan sosial), 2) Pelatihan kegiatan ekonomi produktif, dan 3) Layanan (bakti sosial dan kesehatan).

Oleh

Nur Halim Sumirat
Ketua Lazismu Sedayu & Kord. Divisi Difabel MPS PWM DIY

Post Lainnya

%d bloggers like this: