Mobil Ambulance Sebagai Sarana Dakwah Bil Hal

 

Pada hari Ahad 19 November 2017 lalu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Depok Sleman meluncurkan layanan mobil ambulance. Layanan mobil ambulance ini diluncurkan pada saat momen peringatan Milad Muhammadiyah ke-105 di SD Muhammadiyah Condongcatur. Mobil ini secara simbolis diluncurkan oleh Prof.Dr.H. Amien Rais, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah 1995 – 1998.

Menurut Bapak Muhammad Ichsan, sekretaris PCM Depok, mobil ambulance ini adalah hasil dari kesepakatan bersama warga Muhammadiyah se kecamatan Depok ketika musyawarah cabang PCM Depok 2016. “Mobil ambulance ini adalah amanah Musyawarah Cabang PCM Kecamatan Depok dan juga perwujudan dari salah satu pilar gerakan Muhammadiyah, yakni pelayanan kesehatan” kata Bapak Muhammad Ichsan.

Selain itu menurut Bapak Muhammad Ichsan, mobil ambulance ini adalah sarana dakwah bil hal Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Depok. Sehingga, dalam implementasi pengadaan mobil ambulance ini, masyarakat umum dapat menggunakannya tanpa memandang golongan agama. Mobil ambulance ini juga telah memiliki berbagai fasilitas standar ambulance.

Mobil ambulance Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Depok adalah hasil dari penghipunan dana segenap warga Muhammadiyah di Kecamatan Depok. Mulai dari penghimpunan infak segenap simpatisan persyarikatan Muhammadiyah, Aisyah, sekolah-sekolah Muhammadiyah di wilayah Kecamatan Depok hingga infaq yang dikelola oleh Lazismu PCM Kecamatan Depok. Mobil ambulance PCM Kecamatan Depok ini juga mendapat dukungan dari Prof.Dr.H. Amien Rais.

Menurut Bapak Muhammad Ichsan pula, selain mobil ambulance yang merupakan keunggulan di bidang kesehatan, PCM Kecamatan Depok juga memiliki keunggulan di bidang pendidikan, yakni SD Muhammadiyah Concongcatur, SMP Muh 1 Depok, SMP Muh 2 Depok dan SMP Muh 3 Depok. Untuk SMP Muh 2 Depok ditunjuk sebagai sekolah Adiwiyata . PCM Kecamatan Depok sebagai salah satu PCM unggulan di daerah Sleman akan maju dalam penilaian PCM unggulan tingkat wilayah DIY.Dimana visitasi akan dilakukan oleh PWM DIY pada Januari – Februari 2018. (en)

Post Lainnya

Penandatanganan Kerjasama JAMKESA MPS PWM DIY-‎
KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping ‎

Yogyakarta, (20/11/2020) siang, berlangsung penandatanganan kerjasama Jaminan Kesehatan Anak ‎Asuh dan Pengasuh ‎(JAMKESA) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-D.I. ‎Yogyakarta antara Majelis Pelayanan Sosial PWM