“MPS PWM DIY Audiensi dengan Dinas Sosial DIY Bahas Pelayanan Lansia”

Jum’at (22/02) Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY (MPS PWM DIY) melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi terkait program layanan lansia Muhammadiyah dengan Dinas Sosial DIY. Pasca rapat koordinasi wilayah Majelis Pelayanan Sosial D.I. Yogyakarta yang dilaksanakan satu tahun yang lalu, atas masukan dari kadinsos DIY, dari beberapa pemaparan mengenai daftar PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) MPS PWM DIY dapat memfokuskan untuk membuat layanan bagi lansia sebagai penerima manfaatnya.

Kunjungan ini mempunyai tujuan selain bersilaturahmi juga membahas pokok bahasan utama mengenai isu-isu seputar pelayanan lansia. Drs. Untung Sukaryadi, M.M. selaku kepala dinas sosial DIY mengungkapkan bahwa layanan lansia setidaknya memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan lansia secara finansial dan sosial. “Secara umum lansia mempunyai kebutuhan secara finansial dan sosial, saat ini permasalahan finansial sudah terbantu dengan adanya Lembaga Kesejahteraan Sosial yang berfokus pada pelayanan lansia, dan secara sosial lansia memiliki kebuituhan untuk diakui eksistensi, potensi dan partisipasi dalam lingkup keluarga maupun lingkungan” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, M. Rifaat Adiakarti, M.A. selaku ketua bidang pelayanan lansia MPS PWM DIY mengungkapkan bahwa saat ini Muhammadiyah DIY telah memiliki layanan lansia (Muhammadiyah Senior Care) yang tersebar di empat kabupaten dan satu kota. “Sebagai bentuk fokus layanan terhadap lansia, saat ini kami telah memiliki lima titik lokasi pilot project layanan lansia, diantaranya adalah layanan lansia kabupaten Sleman yang berada di PCM Mlati, Kota Yogyakarta di PCM Mantrijeron, Kabupaten Bantul di PCM Sanden, Kabupaten Kulon Progo di PCM Kalibawang dan Kabupaten Gunungkidul di PCM Ponjong. Setiap bulan dari masing-masing titik mengadakan kegiatan layanan lansia seperti pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan PKU Muhammadiyah terdekat dengan lokasi program, senam kesehatan dan juga pengajian.” jelasnya.

Disamping itu, terkait program Care Giver Layanan Lansia Muhammadiyah (Pelatihan Tenaga Pelayan Lansia) yang di utarakan oleh M. Rifaat Adiakarti, M.A saat audiensi, dari Dinas Sosial DIY sangat mengapresiasi konsep tersebut dan bersedia memberikan dukungan berupa panduan serta sinergitas dalam proses pelaksanaanya. (Tih)

Post Lainnya

Penandatanganan Kerjasama JAMKESA MPS PWM DIY-‎
KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping ‎

Yogyakarta, (20/11/2020) siang, berlangsung penandatanganan kerjasama Jaminan Kesehatan Anak ‎Asuh dan Pengasuh ‎(JAMKESA) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-D.I. ‎Yogyakarta antara Majelis Pelayanan Sosial PWM