MPS PWM DIY Menjadi Tuan Rumah Koordinasi Nasional Dan Evaluasi Program MSC MPS PP Muhammadiyah

Yogyakarta (18/05/19) Muhammadiyah Senior Care (MSC) Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Pusat Muhammadiyah laksanakan evaluasi program layanan lansia termin pertama. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan bertempat di gedung dakwah Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Daerah Istimewa Yogyakarta. Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY (MPS PWM DIY) dipercaya untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan. Dalam proses pelaksanaannya, kegiatan ini melibatkan unsur MPS PP Muhammadiyah, MPS PWM DIY, MPS PWM Jawa Timur, MSC Wilayah DIY, MSC Wilayah Jawa Timur, MSC Jakarta Pusat dan MSC Jakarta Utara serta Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar akan terlaksananya program pada termin kedua serta menyamakan sudut pandang terkait dengan pelaksanaan teknis program.  “Pelaksanaan program Muhamamdiyah Senior akan memasuki termin kedua. Sebelum pelaksanaan, dalam rangka membangun kesamaan persepsi dan kelancaraan program berdasarkan pengalaman pelaksaan di termin pertama, MPS PP Muhammadiyah melaksanakan evluasi pelaksanaan program dengan harapan kendala pelakasanaan program ditermin pertama bisa diminimalisir” ungkap Ir.Sularno.M.Si selaku ketua MPS PP Muhammadiyah ketika menyampaikan sambutannya.

Kegiatan evaluasi program ini diawali dengan pemaparan progres program dari titik layanan tiap wilayah. Selanjutnya capaian dievaluasi bersama oleh Adhi Santika selaku konsultan program MSC PP Muhammadiyah, MPS PP Muhammadiyah dan MSC masing-masing wilayah. Di akhir pemaparan Ibnu Tsani selaku Sekretaris MPS PP Muhammadiyah memberikan kesimpulan bahwa pada termin pertama ini muncul model layanan lansia dari MSC yaitu kelompok sasaran komunitas dan Institusi yang selanjutnya harus dimaksimalkan perlakuan serta intervensinya. “saya menyimpulkan bahwa di MSC ini terdapat dua model layanan, yaitu pada kelompok sasaran komunitas dan institusi, dengan perbedaan ini harapannya setiap titik dapat mengembangkan model dengan maksimal dengan caranya masing-masing” ungkapnya.

Acara selanjutnya adalah penjelasan terkait dengan persiapan kegiatan MSC termin ke dua seperti teknis pelaporan, alat verivikasi, kebijakan, langkah strategis serta perihal keuangan. Ir.Sularno.M.Si berpesan kedepannya, kerja sama dan sama sama bekerja harus menjadi hal penting yang harus dilakukan dalam merealisasikan program MSC ini. Di lain sisi, Ridwan Furqoni, M.P.I selaku ketua MPS PWM DIY mengucapkan terimakasih atas kepercayaan MPS PP Muhammadiyah untuk melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi MSC dengan MPS PWM DIY sebagai tuan rumah, serta kepercayaan bahwa DIY menjadi salah satu lokasi pelaksanaan program Muhammadiyah Senior Care. “Kami berterimakasih telah dipercaya untuk menjadi lokasi tempat pelaksanaan rapat koordinasi dan evaluasi program MSC tingkat nasional. Sebagai informasi bahwa hingga saat ini MPS PWM DIY terus berupaya untuk memperbaiki dan menyebar luaskan syi’ar layanan sosial hingga tingkat pimpinan cabang se DIY, harapannya program MSC ini dapat dicopy paste serta merata di tiap pimpinan cabang dengan mengacu pada best practice lokasi pilot project”

Post Lainnya

Penandatanganan Kerjasama JAMKESA MPS PWM DIY-‎
KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping ‎

Yogyakarta, (20/11/2020) siang, berlangsung penandatanganan kerjasama Jaminan Kesehatan Anak ‎Asuh dan Pengasuh ‎(JAMKESA) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-D.I. ‎Yogyakarta antara Majelis Pelayanan Sosial PWM