Pertama: Penyelenggaraan Baitul Arqom Tenaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah DIY

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan merefresh pengetahuan tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Majelis Pelayanan Sosial dan Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I.Yogyakarta menggelar acara Baitul Arqom bagi Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS) Panti Asuhan Muhammadiyah Asiyiyah DIY. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Kana Kaliurang, Sleman, Sabtu-Ahad (16-17/3).

Kegiatan Baitul Arqom diikuti sebanyak 47 peserta yang berasal dari Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah se D.I.Yogyakarta dan merupakan kali pertama diselenggarakan. “Kegiatan Baitul Arqom bagi tenaga kesejahteraan sosial di lembaga kesejahteraan sosial anak Muhammadiyah merupakan yang pertama kalinya kami selenggarakan dalam sejarah,” ungkap  Hatib Rahmawan, S.Pd.,M.Ag. selaku ketua Majelis Pendidikan Kader PWM DIY saat memberikan sambutan.

Ibu Fatimah, S.Pd. selaku koordinator bidang Panti Asuhan MPS PWM DIY dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan usaha untuk penguatan pengasuhan anak Muhammadiyah melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia. “Untuk membentuk anak asuh panti menjadi kader penerus Muhammadiyah, dibutuhkan sumber daya TKS yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” jelas Fatimah.

Sementara itu, Ridwan Furqoni, M.Pd.I. selaku Ketua MPS PWM DIY menambahkan jika  Baitul Arqom merupakan bagian dari sistem perkaderan muhammadiyah yang harus dilalui oleh semua anggota muhammadiyah. “Panti Asuhan Muhammadiyah merupakan bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah. Maka dari itu, setiap pengasuh pamong atau TKS yang ada di dalamnya harus mengikuti Baitul Arqom agar memahami akidah, akhlak, muamalah dan ideologi Muhammadiyah yang menjadi nilai dasar perjuangan di Muhammadiyah.” tambah Ridwan.

Agus Salim, salah seorang peserta Baitul Arqom dari utusan panti asuhan Muhammadiyah Abu-Dzar Al Ghifari sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Selain sebagai ajang silaturahim antar TKS, kegiatan ini juga cara untuk memberikan semangat pada diri di jalan dakwah.  “Terimakasih kepada Majelis Pelayanan Sosial dan Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I.Yogyakarta yang telah menyelenggarakan acara ini, dengan adanya acara ini saya merasa semangat kembali untuk istiqomah berjuang di jalan dakwah muhammadiyah,” ujarnya. (Fatih)

Post Lainnya

Penandatanganan Kerjasama JAMKESA MPS PWM DIY-‎
KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping ‎

Yogyakarta, (20/11/2020) siang, berlangsung penandatanganan kerjasama Jaminan Kesehatan Anak ‎Asuh dan Pengasuh ‎(JAMKESA) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-D.I. ‎Yogyakarta antara Majelis Pelayanan Sosial PWM