image

AHAD CERIA DI RUMAH SINGGAH PASIEN MUHAMAMDIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ahad (30/10/2022), Rumah Singgah Pasien Muhamamdiyah (RSPM) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Proyek Kemanusiaan mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta  menyelenggarakan kegiatan Ahad Ceria bersama pendamping pasien. Acara tersebut merupakan salah satu program kerja dari proyek kemanusiaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yaitu bertanam bersama, berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai sekitar pukul 08.30 WIB bertempat di RSPM DIY. Kegiatan ini dilatarbelakangi karena kegiatan ibu-ibu pendamping pasien yang setiap hari memasak namun diwilayah sekitar RSPM tidak terdapat tanaman, maka dari situlah muncul program kerja bertanam ini dengan memanfaatkan lahan yang tersedia disekitar area RSPM.

Rumah Singgah Pasien Muhamamdiyah (RSPM) memiliki fungsi sebagai tempat untuk singgah sementara pasien miskin dan duafa berasal dari luar daerah Yogyakarta yang sedang menjalani pemeriksaan dan pengobatan di rumah sakit rujukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian pasien ini di dampingi oleh salah satu keluarga atau kerabatnya untuk membantu merawat selama pengobatan.

Kegiatan Ahad Ceria diawali dengan senam bersama antara keluarga pasien/pendamping pasien, pengurus RSPM, dan mahasiswa proyek kemanusiaan Universitas ‘Asiyiyah Yogyakarta. Kegiatan senam selesai ibu-ibu pendamping memasak sedangkan mahasiswa unisa dan pengurus RSPM melakukan penanaman bibit sayuran di tanah lahan kebun RSPM  DIY. Dilanjut dengan sarapan bersama,  diikuti sekitar 14 orang, dari unisa 3 orang, pengurus RSPM 1 orang dan keluarga pasien 10 orang.

Evi Damayanti, mahasiwa proyek kemanusiaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pengurus dan pendamping pasien RSPM. “Menurutku acara kemarin berjalan lancar, respon keluarga pasien juga baik, mau ikut melancarkan acara, ikut senam dan bertanam. Dari pengurus RSPM juga Alhamdulillah sangat membantu.” ungkapnya.

Disisi lain, Nathan Saputra Dwi Kusuma selaku Pengurus RSPM DIY menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada mahasiswa unisa dan pendamping pasien. “kegiatan Ahad Ceria berjalan dengan lancar, semoga sayuran yang ditanam teman-teman dari unisa tumbuh subur, bisa menghasilkan sayuran sehat sehingga nantinya dapat dijadikan nutrisi tambahan bagi siapa saja yang memanfaatkannya, mengingat RSPM hanya menyediakan bahan pokok dasar makanan.” ,tuturnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pelaksanaan program fogging, dilaksanakan rutin setiap 1 minggu sekali sesuai dengan SOP di RSPM DIY. Dengan dilaksanakan fogging ini diharapkan nantinya akan membuat tempat Rumah Singgah Pasien DIY menjadi bersih, terhindar dari virus-virus yang sekiranya membahayakan para pasien mengingat mobilitas kontrol para pasien yang keluar masuk Rumah Sakit begitu sering. (Heni, MPS PWM DIY)

Kirim Donasi RSPM DIY melalui
Lazismu Rumah Singgah Pasien Muh, No Rek: 7 1551 666 78 | Konfirmasi: +62 881-8881-912

Bantuan dan Donasi Anda Memudahkan Proses Ikhtiar Sembuh Para Pasien

Post Lainnya

Musyawarah FORPAMA DIY 2023

Yogyakarta, 19 November 2023 – Pada hari Ahad, 19 November 2023, Forum Panti Asuhan Muhammadiyah Aiysiyah (FORPAMA) D.I Yogyakarta menggelar musyawarah di Panti Asuhan Muhammadiyah