photo1642151328

LKLSU-PLLTM, AUMSos Baru Muhammadiyah DIY, Adakan Pelatihan Pendamping Lansia

Pada tahun 2021 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta mengesahkan pendirian Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Muhammadiyah yang diberi nama Pusat Layanan Lansia Terpadu Muhammadiyah. Lembaga yang selanjutnya masuk dalam kategori Amal Usaha Muhammadiyah bidang sosial ini dibentuk untuk focus menjalankan program pelayanan terhadap lansia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dwi Bagus Irawan, Ketua LKSLU Pusat Lansia Terpadu Muhammadiyah, menjelaskan bahwa lembaga ini baru saja didirikan PWM DIY dan diberi naungan di bawah Majelis Pelayanan Sosial (MPS).“Spirit pusat layanan untuk lansia didorong kesadaran kondisi masyarakat bahwa yatim bukan terbatas secara biologis, juga yatim sosial. Salah satunya adalah fenomena maraknya lansia yang telantar. Kegiatan ini akan terus berlanjut agar terdapat pelatihan lebih spesifik dan professional”

Dalam sambutannya, Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY melalui Sekretaris Majelis, Dani Kurniawan, M.I.Kom., mengatakan, lansia atau orang yang lebih tua kalau di Muhammadiyah disebut senior. “Oleh karenanya, program ini juga masuk kedalam domain sub program Muhammadiyah Senior Care,” jelasnya.

Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Pusat Layanan Lansia Terpadu Muhammadiyah yang selanjutnya disingkat LKSLU PLLTM DIY ini baru saja mengadakan Pelatihan Pendamping Lansia pada Sabtu (25/11), di Gedung Tabligh Institute Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Kasihan, Bantul. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara LKSLU PLLTM DIY dengan Lazismu PWM DIY dan Pusat Studi Dinamika Sosial Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Kegiatan diikuti oleh peserta dari delegasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah se D.I. Yogyakarta, Ortom dan Relawan Sosial Muhammadiyah.

Mengangkat tema “Lansia Mandiri, Sejahtera, dan Bahagia”, perlatihan ini dibagi kedalam tiga sesi materi. Muhammad Rifaat Adiakarti Farid, M.A yang menjadi narasumber pada sesi awal menjelaskan mengenai urgensi adanya pelayanan terhadap lansia yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Selanjutnya, materi dari Solikhah, SKM, M.Kes. Dr.PH. (Sekretaris Majelis Kesejahteraan Sosial Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY) yang memaparkan terkait dengan  pendampingan lansia dan peran keluarga dan Rochana Ruliyandari, S.E., M.Kes. (Ketua Pusat Studi Dinamika Sosial UAD) yang memberikan pemaparan terkait dengan Teknik pendampingan dan perawatan lansia.

Post Lainnya

Musyawarah FORPAMA DIY 2023

Yogyakarta, 19 November 2023 – Pada hari Ahad, 19 November 2023, Forum Panti Asuhan Muhammadiyah Aiysiyah (FORPAMA) D.I Yogyakarta menggelar musyawarah di Panti Asuhan Muhammadiyah